Tips Tips Mempercantik Rumah Menggunakan Tanaman Hias - Its-Top

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Rabu, 27 Desember 2017

Tips Tips Mempercantik Rumah Menggunakan Tanaman Hias

Meletakkan tanaman hias di rumah merupakan pilihan yang sangat baik karena, selain memperindah interior rumah Anda, tanaman hias ini juga memberikan banyak manfaat bagi Anda dan keluarga. Bahkan, tanaman hias menawarkan banyak manfaat untuk hamper setiap organ yang ada dalam tubuh. Tidak hanya manfaat fisiologis tapi juga memberikan dampak positif bagi psikologis. Baca juga ManfaatMeletakkan Tanaman Hias di Dalam Rumah.

1.     Bunga Mawar

Bunga Mawar adalah jenis bunga yang banyak digunakan sebagai lambang romantismejuga bisa dikatakan sebagai ungkapan kasih sayang, warnanya yang beragam dengan makna yang berbeda membuatnya semakin populer dan istimewa.
Bunga mawar merupakan tanaman semak atau memanjat yang memiliki batang berduri. Bunga mawar berasal dari Cina, Timur Tengah, dan Eropa Timur, kemudian menyebar ke daerah sub tropis  dan tropis. sebagian besar mawar liar hidup di belahan bumi bagian utara. Bunga mawar tumbuh subur di daerah beriklim sedang, walaupun ada beberapa mawar hibrida yang dapat tumbuh di daerah beriklim subtropis hingga tropis.
Tips and trik mempercantik rumah dengan bungan mawar

Tinggi tanaman bunga mawar biasanya mencapai 2-5 meter, bahkan ada mawar merambat yang panjannya 20 meter. Hampir semua jenis mawar menggugurkan daunnya dan hanya beberapa jenis yang berdaun hijau sepanjang tahun.
Selain Mawar spesies, saat ini sudah banyak bunga mawar hasil pemuliaan alias mawar hibrida. Mawar hibrida memiliki bunga dan warna yang lebih beragam dibandingkan dengan mawar spesies. Mawar termasuk dalam keluarga Rosaceae dan bergenus Rosa. Spesies mawar terdiri dari atas 100-150, antara lain Rosa damascena Mill., Rosa multiflora Thunb., dan Rosa hybrida Hort.

2.     Bunga Purtulaca


tips and trik mempercantik rumah menggunakan bunga purtulaca

Bunga yang kerap disebut juga sebagai Cantik Manis dan Sutera Bombay ini merupakan tanaman terma semusim yang berbatang basah. Batang tanaman sepanjang antara 15-30 cm dan sering bercabang mulai dari pangkalnya. Batangnya mampu tumbuh tegak atau sebagai menjalar di permukaan tanah. Warna batang krokot ini merah atau hijau dengan rambut-rambut tipis batas ruas batangnya.
Bunga Pukul Sembilan (Portulaca grandiflora) memiliki daun tunggal, tidak bertangkai, berbentuk silindris dan tebal berdaging dan berair. Ukuran daun ini memiliki panjang sekitar 1 – 3,5 cm. Bunganya berkelompok 2 – 8 yang muncul diujung batang. Bunga ini mekar pagi hari sekitar pukul 9 dan layu ketika sore hari. Warna bunganya bervariasi mulai merah, putih, orange, hingga kuning. Karena kebiasaan mekarnya pada menjelang pukul sembilan pagi, bunga ini kerap disebut sebagai Bunga Pukul Sembilan.
Memiliki buah berukuran sangat kecil, berukuran 5-8 mm berbentuk bulat telur. Biji Bunga Cantik Manis ini berbentuk bulat kecil dengan warna cokelat muda.
Tanaman hias dari famili Portulacaceae ini mudah tumbuh pada dataran rendah hingga daerah berketinggian 1.400 meter dpl. Bunga Portulaka termasuk bunga yang mudah perawatannya dan tidak memerlukan banyak air. Perbanyakan tumbuhan ini bisa menggunakan stek daun atau pun menggunakan biji. Tanaman Sutera Bombay ini dapat dijadikan ground cover (tanaman penutup tanah) atau pun ditanam di dalam pot.


3.     Bunga Lobelia

Tanaman bunga lobelia (Lobelia Chinensis Herba) adalah salah satu tanaman hias bunga yang tidak hanya terkenal karena memiliki bunga yang indah dengan warna beragam seperti putih, ungu, biru dan merah, tanaman ini juga dikenal mudah tumbuh melalui biji dan mampu tumbuh disemua musim.
tips and trik mempercantik taman hias untuk rumah menggunakan bunga Lobelia

Selain karena keindahan bunganya, tanaman ini banyak digemari para pecinta tanaman hias, ternyata tanaman ini banyak ditanam karena memiliki banyak manfaat, rasa herbal pada tanaman ini tajam dan manis, memiliki suhu netral. Senyawa kimia yang terdapat pada tanaman bunga ini diantaranya alkaloid piperidin dan lobeline. Beberapa khasiat/manfaat herbal bunga lobelia yaitu sebagai diuretik, mengurangi edema, pembengkakan wajah, neoplasias, tumor (lambung, hati, karsinoma rektal), tonsilitis, sebagai penghilang atau penetralisir racun akibat gigitan ular, infeksi gigitan serangga, mengencerkan dahak pada batuk berdahak (mukolitik), napas terengah-engah, asma dan edema.

4. Spider Plant
Spider plant sering terlihat di pekarangan rumah dan taman-taman kota sebagai tanaman hias. Nama latin tanaman spider plant adalah Chlorophytum comosum, dalam bahasa Inggris disebut airplane plant, St. Bernard's lily, spider ivy, ribbon plant. Tanaman ini merupakan salah satu herba abadi yang berbunga, berasal dari Afrika tropis dan selatan. Tetapi kini telah berkembang dan dibudidayakan diberbagai negara sebagai tanaman hias. Cara budidaya tanaman spider plant tidak terlalu sulit, karena habitatnya berasal dari lingkungan tropis.
Spider plant mudah tumbuh sebagai tanaman hias rumah, bentuk tanaman ini beraneka ragam dan dijadikan tanaman populer. Tidak banyak yang tahu, tanaman spider plant dapat tumbuh tanpa media tanam (air plant) sehingga tampak menarik dijadikan hiasan ruangan. Walaupun dalam cara budidaya tanaman spider plant dianggap mudah, tetapi sebaiknya juga memperhatikan kondisi lingkungan. Terkadang tanah atau media tanam yang digunakan tidak sesuai dengan kebutuhan pertumbuhan spider plant. Harga tanaman spider plant memang tidak terlalu mahal, sehingga secara umum sering dijadikan pelengkap tanaman hias pekarangan.
tips tips mempercantik rumah menggunakan tanaman hias bunga spider plant

Ciri-ciri tanaman hias spider plant dapat tumbuh setinggi 60 sentimeter. Tanaman ini memiliki akar berdaging, berumbai, panjang akar antara 5 sampai 10 cm. Daun spider plant panjangnya mencapai 20 hingga 45 cm dan lebar daun tampak tipis sekitar 6 hingga 25 milimeter. Daun tanaman ini panjang terkulai menyentuh tanah, seperti daun tanaman serai tetapi dipenuhi dengan corak warna.
Ciri-ciri bunga tanaman spider plant diproduksi dalam perbungaan bercabang panjang. Bunga bisa mencapai panjang hingga 75 cm yang pada akhirnya membungkuk ke bawah. Bunga tanaman ini awalnya membentuk 1-6 kelompok di sepanjang batang perbungaan. Sebagian besar bunga pada awalnya mati, sehingga perbungaan spider plant relatif jarang terjadi.

5. Bunga Tulip
Bunga tulip banyak disukai oleh banyak orang karena memiliki kelopak dan warna yang indah serta memiliki warna yang beraneka ragam. Bisa dibilang masing-masing jenis bunga tulip memiliki warna yang berbeda dan memiliki ciri khas yang berbeda juga.
tips tips mempercantik rumah menggunakan tanaman hias bunga tulip

Diantara banyak warna dari bunga tulip adalah bunga tulip merah, bunga tulip pink, bunga tulip ungu dan masih banyak lagi warna bunga tulip yang lainnya. Dari banyak jenis bunga tulip ada beberapa bunga yang sangat populer di kalangan masyarakat umum.

6. Bunga Kaktus
Kaktus memiliki banyak varietas yang memiliki batang dan bunga yang sangat unik, sehingga saat ini kaktus banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Di Indonesia sendiri, kepopuleran kaktus sebagai tanaman hias sebenarnya sudah cukup lama.
Terbukti dengan banyaknya penjual dan pembudidaya tanaman kaktus hias ini. Tanaman kaktus hias memiliki jenis yang beragam, dan setiap jenisnya memiliki keindahan dan keunikan masing-masing dari segi bentuk dan warna bunganya. Ada juga kaktus hias yang ukurannya kecil, sehingga biasa disebut dengan kaktus mini.
tips tips mempercantik rumah menggunakan tanaman hias bunga kaktus

Bunga Bougenville yang terkenal dengan sebutan bunga kertas ini memang sangat mudah dijumpai di Indonesia, bunga ini memang tumbuh subur di tanah tropis.
tips tips mempercantik rumah menggunakan tanaman hias bunga bougenvile

Bunga dengan banyak varian warna ini memang sangat cantik dan menjadi primadona bagi para pecinta bunga sebagai koleksi untuk menghiasi pekarangan rumah.

itulah beberapa tips tips tanaman hias untuk mempercantik rumah

selain tips tips untuk mempercantik rumah menggunakan berbagai macam bunga, kita juga dapat mempercantik rumah menggunakan tanaman di dinding. yang nanti bagaimana cara membuat tanaman di dinding atau apa saja jenis tanaman yang merambat di tembok akan kita bahas di artikel selanjutnya.

selain tanaman di dinding. teras depan rumah juga dapat kita manfaatkan untuk pemanis rumah, baik untuk ukuran teras kecil maupun teras berukuran besar. tanaman cantik penghias teras akan menambah nilai estetika dari rumah kita 




1 komentar: